Monday, September 5, 2011

Lorenzo Perpendek Jarak dari Stoner

Jorge Lorenzo berhasil memangkas selisih dari Casey Stoner bermodal kemenangan di MotoGP San Marino. Kini keduanya terpaut 35 poin di papan klasemen.

Sebelum balapan di Misano, Minggu (4/9/2011) malam WIB, jarak antara Lorenzo yang menempati posisi dua klasemen dengan Stoner si pemuncak klasemen adalah 44 poin.

Setelah memetik kemenangan di Misano, Lorenzo kini mengoleksi 224 poin dan tinggal terpaut 35 angka dari Stoner yang punya 259 angka setelah hanya bisa finis ketiga.

Dengan lima seri tersisa duel antara si pembalap Yamaha, Lorenzo, dengan si rider Honda, Stoner, niscaya akan kian sengit saja.

Sementara itu Dani Pedrosa yang rekan setim Stoner sukses finis kedua untuk dua kali beruntun, setelah sukses melewati Stoner di lap-lap akhir balapan. Pedrosa kini menempati posisi empat klasemen dengan poin 150.

Jalannya Balapan

Lorenzo memulai dengan baik dan langsung mengambil alih posisi terdepan dari Casey Stoner. Ia dibuntuti tiga rider Repsol Honda.

Lorenzo memgakhiri lap pertama dengan dikuntit Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Sementara itu bendera putih sudah dikibarkan. Ini artinya ada potensi perubahan cuaca dan para pembalap diperbolehkan mengganti motor.

Start apik lain dilakukan Valentino Rossi yang langsung melesat ke posisi enam dari posisi start 11. Di akhir lap pertama ia bahkan bisa menghuni posisi lima.

Stoner terus mengancam Lorenzo dan nyaris menyejajari si rider Honda di akhir lap kedua. Tetapi Lorenzo dengan cepat menutup celah.

Nicky Hayden dari Ducati sementara itu terlihat sudah berakhir di gravel, dengan 25 lap masih tersisa dalam balapan. Rossi, rekan setimnya, masih berada di posisi lima membuntuti Dovizioso.

Lorenzo, Stoner dan Pedrosa terlihat mulai menjauhi para pembalap lain di belakang mereka saat balapan memasuki lap keempat. Sedikit ke belakang, Rossi sedang menghadapi ancaman Marco Simoncelli.

Tak lama kemudian, Simoncelli sukses melewati Rossi melalui sudut sempit dalam sebuah tikungan ke kanan. Simoncelli pun kini mengincar Dovizioso.

Pada lap tujuh, cuaca tampaknya mulai berubah lagi. Titik-titik hujan yang sebelumnya muncul disebutkan tak lagi tampak.

Memasuki lap sepuluh, Lorenzo dan Stoner sudah lebih menjauh dari Pedrosa. Sementara Pedrosa yang menempati posisi tiga pun berjarak cukup jauh dari para pembalap di belakangnya.

Simoncelli akhirnya melewati Dovizioso dengan 16 lap tersisa. Kini giliran Pedrosa yang akan coba dikejar si rider Gresini Honda. Sementara itu saat ini sudah ada dua pembalap yang tercatat out: Hayden dan Loris Capirossi.

Dengan 15 lap tersisa, Lorenzo kian menambah jarak dari Stoner. Kini keduanya terpisah sampai dengan 1,7 detik. Agak ke urutan belakang, Rossi tengah dikejar oleh Ben Spies dari Yamaha dalam perebutan posisi enam.

Memasuki sepuluh lap terakhir, tidak ada perubahan di posisi tiga pembalap terdepan. Di belakangnya ada Simoncelli, Dovizioso, Spies dan Rossi.

Dengan delapan lap tersisa, Stoner bukan hanya semakin tertinggal dari Lorenzo tapi juga justru diancam Pedrosa. Jarak antara kedua rider Repsol Honda itu pun kian menipis.

Pada akhirnya Pedrosa bisa melewati Stoner dengan enam lap tersisa. Urutan para pembalap terdepan pun berubah: Lorenzo, Pedrosa dan Stoner.

Menjelang garis finis, Simoncelli, Dovizioso dan Spies dengan sengit berebut posisi empat. Duel segitiga pun lahir dengan hasil akhir Simoncelli finis di depan Dovizioso dan Spies.

No comments:

Post a Comment