Friday, September 23, 2011

Lorenzo: Janji Honda Terbayarkan

Jorge Lorenzo (foto:Getty Images)Jorge Lorenzo akhirnya mengakui Repsol Honda yang mendominasi MotoGP tahun ini. Dia menganggap tahun ini Honda telah membayar janji mereka yang diucapkan pada musim lalu.

Musim ini Honda selalu mendominasi dari seri ke seri lewat tiga pembalapnya, Casey Stoner, Dani Pedrosa, Andrea Dovisiozo, serta pembalap tim satelit (Gresini Honda) Marco Simoncelli. Bahkan pernah ketiga pembalapnya menguasai podium.

Itu terjadi pada pergelaran MotoGP Republik Ceska di sirkuit Brno. Ketika itu, Stoner finis di posisi pertama, dan diikuti Dovisiozo di posisi kedua, serta Simoncelli menguntit di posisi ketiga. Sebagai catatan, Simoncelli di seri itu meraih podium pertamanya.

Menyikapi hal itu, Lorenzo percaya Honda mengalahkan Yamaha di perebutan gelar MotoGP tahun ini karena mengambil risiko lebih banyak dengan desain 2011. “Saya pikir Honda melaju sangat cepat dalam beberapa tahun dan sangat kompetitif, dan tahun ini bahkan lebih cepat,” jelas Lorenzo seperti disitat Autosport, Kamis (22/9/2011).

Pembalap Yamaha itu sudah mengetahui tanda-tanda kebangkitan Honda pada akhir tahun 2010. Pasca Hayden meraih gelar juara dunia di tahun 2006, Honda mengalami paceklik gelar. Untuk itu, mereka melakukan pendekatan yang lebih agresif dalam jangka waktu 2008-2010 terhadap juara Yamaha.

“Mereka meningkatkan satu langkah pada tahun lalu, dan satu langkah lagi pada tahun ini,” sambung juara bertahan itu.

Baginya, Yamaha telah memenangi banyak gelar, bahkan tiga gelar juara dunia secara beruturut-turut. Sehingga Lorenzo yakin, Yamaha tampil lebih tenang dan tidak mengambil risiko.

Lorenzo berharap sesuatu akan terjadi untuk menghambat Stoner, agar membantu dirinya untuk tetap bersaing dengan pembalap Australia itu. Tapi hal itu sulit terjadi bahkan menurutnya hampir mustahil terjadi.

No comments:

Post a Comment