Saturday, September 17, 2011

Listrik Mati, Latihan 2 MotoGP Aragon Batal


Sesi latihan MotoGP dan Moto2 yang sekiranya dilaksanakan pukul 14.20 waktu setempat, akhirnya harus dibatalkan karena pasokan listrik ke sirkuit Motorland Aragon mengalami masalah alias padam. Pada sesi latihan kedua kelas GP 125 cc juga sempat ditunda selama 20 menit karena listrik di paddock tidak beroperasi. Beruntung setelah itu sesi latihan GP 125 cc bisa dilanjutkan karena listrik kembali menyala.

Namun ketika sesi latihan GP 125 cc berakhir, kerusakan jaringan listrik kembali terjadi dan membuat sesi latihan MotoGP harus ditunda. Setelah menunggu hingga 2 jam lamanya, listrik kembali menyala dan penyelenggara balapan mengumumkan sesi latihan bakal dimulai pada pukul 16.30 waktu setempat. Tapi listrik kembali padam sehingga sesi latihan kedua MotoGP Aragon harus dibatalkan.

Ini adalah kali kedua sesi latihan MotoGP hari pertama dibatalkan. Namun kali ini penyebabnya sangat sepele, yaitu karena pasokan listrik ke sirkuit Aragon padam. Tentunya ini cukup memalukan, mengingat sirkuit Aragon merupakan salah satu sirkuit yang menerima penghargaan sebagai sirkuit terbaik musim 2010 lalu.

Tapi insiden padamnya listrik pada saat pekan balapan MotoGP digelar, membuka mata semua orang bahwa masih ada sisi lain yang membuat sirkuit ini jadi tidak layak menerima penghargaan tersebut. Selayaknya sirkuit berskala internasional sudah mempunyai pembangkit listrik sendiri.

Mungkin ide yang diterapkan di sirkuit Mugello Italia yaitu  menggunakan photovoltaic (sel-sel panel surya yang dapat mengubah energi panas matahari jadi energi listrik), bisa jadi inspirasi tersendiri. Hmm, semoga pada sesi latihan terakhir, kualifikasi dan balapan, insiden serupa tidak terjadi.

No comments:

Post a Comment