Thursday, September 15, 2011

Bridgestone Alokasi Ban Simetris di Aragon


MotoGP Aragon yang akan berlangsung akhir pekan ini (15/9) adalah salah satu seri yang paling ditunggu-tunggu para pembalap termasuk pemasok ban untuk ajang MotoGP yaitu ban Bridgestone. Setelah beberapa seri mereka menurunkan tipe asimetris, kali ini Bridgestone kembali menurunkan tipe ban simetris.

Setelah mempelajari karakter sirkuit Motorland Aragon sejak seri perdana menggelar ajang MotoGP, Bridgestone akhirnya mengalokasikan tipe ban yang sama dengan seri Qatar lalu. Yaitu tipe lunak dan medium untuk bagian belakang, serta tipe medium dan ekstra keras untuk bagian depan. Karakter aspalnya membuat pembalap lebih membutuhkan kompon ban yang mirip dengan pagelaran MotoGP Qatar.

“Tahun ini kami kembali di sirkuit Aragon yang memiliki karakter aspal yang unik seperti Losail Qatar. Tahun lalu untuk pertamakalinya kami menjajal sirkuit ini, namun bukan berarti tahun ini tugas kami akan lebih mudah. Tapi kami yakin alokasi ban kami yang kami tetapkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pembalap,” papar Hiroshi Yamada.

Alasan pemilihan kompon ban medium dan lunak untuk bagian belakang, adalah karena Aragon memiliki tipe aspal yang sangat halus. Kondisi ini membutuhkan karakter ban yang bisa menempel lebih baik. Sementara untuk bagian depan yang menggunakan tipe medium dan ekstra keras, untuk mengakomodasi stabilitas motor saat trek menurun dan berbelok.

No comments:

Post a Comment