Saturday, August 27, 2011

Pembalap Cela Aspal Baru Indy

Pengelola Sirkuit Indianapolis memoles beberapa bagian sirkuitnya untuk menghadapi gelaran MotoGP Indianapolis tahun ini. Tapi polesan tersebut malah mendatangkan kritik dari pembalap.

Untuk menyongsong balapan tahun ini, pengelola sirkuit membenahi dua buah tikungan, tikungan 5 dan 16, untuk mengurangi ketidakrataan yang tidak konsisten di permukaan trek.

Setelah mencoba trek di latihan bebas hari Jumat (26/8/2011), sejumlah pembalap menilai trek malah jadi lebih licin dan bisa membahayakan.

"Pagi ini sedikit membuat frustrasi, kondisi trek tidak terlalu bagus. Licin dan sulit sekali mendapatkan grip," kata pembalap Honda, Casey Stoner, seperti dikutip Crash.

"Tidak ada gunanya mencari setting terbaik bila kondisi treknya seperti ini karena ini lebih buruk ketimbang tahun lalu yang treknya tidak rata," tambah Stoner kemudian.

Suara senada diungkapkan oleh rekan setim Stoner, Dani Pedrosa, serta pembalap Mapfre Aspar, Hector Barbera. Suara mereka senada, sirkuit jadi licin.

"Kualitas aspalnya mengecewakan, tidak layak buat sebuah sirkuit kejuaraan dunia. Tidak ada grip dan kualitasnya tidak merata," sungut Pedrosa yang juga juara bertahan di lomba ini.

"Permukaan trek seperti lapisan pasir dan ketika saya sudah melahap lima lap, tidak ada lagi karet tersisa (di ban)," keluh Barbera.

No comments:

Post a Comment