Tuesday, August 16, 2011

Duo Yamaha Sambut Antusias Kuda Besi 1000cc

Foto: Jorge Lorenzo (Getty Images) Bukan hanya Casey Stoner saja yang antusias mencermati hasil sesi tes yang dilakukan di Brno, duo pembalap Yamaha Factory Racing Team, Jorge Lorenzo dan Ben Spies pun menyambut hangat performa motor mereka yang akan mereka gunakan di musim depan.

Secara terbuka, The Spaniard mengakui senang dengan performa motor di trek lurus. Terlebih, untuk pertama kalinya Yamaha menggelar sesi tes motor YZR-R1 1.000cc yang akan menjadi geberan Stoner dan Spies pada 2012 nanti.

“Hari ini sangat menyenangkan dan sibuk karena untuk pertama kalinya kami menaiki motor 1.000cc di samping kami telah melakukan upgrade dan langkah kecil mengembangkan mesin 800cc,” ujar Lorenzo dikutip Autosport, Selasa (16/8/2011).

Dia melanjutkan. “Kami telah melakukan putaran secara non-stop dari sembilan lap pada pagi hari hingga lima lap pada sore ini (waktu setempat)."

Sang juara bertahan pun memahami betul, motor 1.000cc sangat fantastis dari segi tenaga, terutama saat berakselerasi. Namun Lorenzo tidak ingin memusatkan perhatiannya terlalu jauh kepada pengembangan motor barunya semata, fokus terpenting saat ini adalah mempertahankan kampiun juara dunia.

“Saya menyadari motor 1.000cc luar biasa ketika saya melihat kekuatannya di trek lurus. Saya menyukai motor ini dan saya ingin melakukan lebih banyak putaran. Tetapi saya masih berpikir tentang musim ini. Saya hanya berada selama satu jam dengan motor masa depan kami. Bisa saya katakan, MotoGP musim berikutnya sangat luar biasa. Dengan kekuatan yang lebih, Anda bisa bergeser keluar dari tikungan: Saya sudah tidak sabar!” urai Lorenzo antusias.

Senada dengan Lorenzo, Spies pun mengaku begitu bahagia bisa menjajal motor 1.000cc. Terlebih, segenap tim Garpu Tala tersebut tanpa henti mengembangkan motor 800cc, motor Spies dan Lorenzo saat ini. “Upgrade motor 800cc sangat positif. Semoga, ini membawa ke arah kemajuan lebih di masa depan. Dengan motor 1.000cc di hari pertama cukup sukses. Kami tidak banyak melakukan perubahan di dalamnya. Kami melakukan beberapa lap untuk mendapatkan data sebanyak mungkin,” jelas pembalap asal Amerika Serikat tersebut.

“Kami membuat beberapa perubahan kecil untuk melihat perbedaan yang mempengaruhi motor (1.000cc) dibandingan dengan perbaikan pada motor 800cc. Ada lebih banyak pembenahan yang harus dilakukan untuk memastikannya. Namun untuk hari pertama, melebihi kecepatan 800cc merupakan sebuah kejutan,” tuntas Spies.

No comments:

Post a Comment