Friday, June 10, 2011

Klarifikasi Team Medis Tentang Larangan Balap Untuk Edwards di Catalunya

Team medis MotoGP akhirnya menyatakan Colin Edwards layak mengikuti balapan di sirkuit Silverstone, Inggris. Tidak terlalu mengejutkan karena Edwards sendiri merasa dirinya mampu ikut race di seri sebelumnya di Catalunya. Namun saat itu team medis tidak mengizinkannya ikut balapan sehingga rider Monster Yamaha Tech 3 itu sempat tak bisa menyembunyikan kekesalannya. Apa sebenarnya yang terjadi?
Edwards Catalunya DNS Klarifikasi Team Medis Tentang Larangan Balap Untuk Edwards di Catalunya
Colin Edwards menderita patah tulang selangka kanan usai mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas Jumat di sirkuit Montmelo, Catalunya. Rider Amerika itu lantas menjalani operasi pada hari Sabtu. Dan di hari Minggu The Texas Tornado datang ke sirkuit meminta izin kepada team medis untuk bisa ikut balapan meski harus start dari grid terakhir atau hanya sekedar ikut satu putaran.
Edwards sepertinya tidak rela rekor selalu start yang telah diraihnya sejak turun di ajang MotoGP pada tahun 2003 terhenti di Catalunya. Namun apa boleh buat, team medis tidak mengizinkannya ikut balapan, meski hanya satu lap sekalipun. Hal ini membuat Edwards sempat kesal.
“Mereka tidak membiarkan saya balap karena nama saya bukan Valentino Rossi”, kata Edwards saat itu seperti dikutip oleh GPone.
Mungkin Edwards teringat dengan beberapa kejadian saat dirinya masih satu team dengan Valentino Rossi. Misalnya pada seri Assen, Belanda 2006. Rossi mengalami cedera tangan akibat kecelakaan di sesi Free Practice. Namun team dokter mengizinkan Rossi ikut balapan. Hal serupa juga sempat terulang di seri terakhir musim 2007 yang berlangsung di sirkuit Valencia.
Untuk menghindari munculnya kesan pilih kasih, team medis MotoGP segera menyampaikan klarifikasinya. Inilah jawaban yang disampaikan oleh circuit medical director, Dr Macchiagodena yang dikutip oleh situs GPone.
“Edwards datang kepada saya untuk race clearance, tetapi motivasinya adalah untuk menjaga start berturut-turutnya di MotoGP tetap utuh. Hal ini diperkuat oleh pernyataannya bahwa ia hanya akan memulai balapan dan kemudian segera masuk (pit). Perilaku ini sangat tidak tepat dan saya memberitahunya. Pada saat itu dia menjawab bahwa ia bisa balapan jika namanya Valentino Rossi. Saya tidak berharap dia begitu tidak profesional, dan faktanya sesorang dari teamnya datang untuk meminta maaf di kemudian hari. Saya selalu mencoba untuk memberikan setiap rider kemungkinan untuk balapan, tetapi tidak dalam kondisi ini. Balap Grand Prix adalah olahraga seri, dan itu adalah satu kesempatan karena Anda benar-benar ingin race, dan bukan karena Anda hanya ingin mendapatkan record.”
Efek lain dari ‘kasus’ Edwards ini mungkin saja akan berimbas pada semakin menguatnya rumor yang menyebutkan Dani Pedrosa mengalami kecelakaan lain setelah insiden Le Mans. Edwards mengalami cedera yang kurang lebih sama dengan yang dialami Dani. Jika Colin bisa ikut balapan kurang dari seminggu setelah menjalani operasi, mengapa Pedrosa yang sudah menjalani operasi tiga minggu yang lalu kondisinya justru masih jauh dari fit?

No comments:

Post a Comment