Friday, May 6, 2011

Traksi Yamaha Bermasalah

F: Colin Edwards berbincang dengan tim (daylife)

Tim MotoGP Yamaha baik pabrikan atau satelit, sama-sama menggunakan tunggangan Yamaha YZR-M1. Pembalap Yamaha Monster Tech3 Colin Edwards, mengakui masih ada kekurangan pada tunggangannya ini.

Colin Edwards menganggap mesin Yamaha YZR-M1 membutuhkan traksi lebih kuat di bagian belakang. Edwards ingin timnya memperbaiki ini daripada hanya meningkatkan tenaga kuda, seperti yang diminta pembalap andalan Yamaha, Jorge Lorenzo.

Pembalap asal Texas ini sudah melewati uji coba panjang di Estoril awal pekan ini. Kesimpulannya, kurang adanya kombinasi antara suspensi belakang dengan ban dan berakibat pada kurangnya keseimbangam. Solusinya, Edwards ingin meningkatkan traksi untuk mengimbangi besarnya daya mesin Yamaha Tech 3.

“Kita perlu mencari tahu beberapa masalah traksi dan keseimbangan pada motor. Kami sudah mendapatkan hasil baik pada bagian depan dengan sasis baru dan hasilnya cukup nyaman. Tapi, masalah baru ada pada bagian belakang," jelas pembalap 37 tahun ini kepada MCN, Jumat (6/5/2011).

"Saat balapan, saya membuka gas penuh dan kontrol traksi itu seakan menendang dan liar. Ini membuat saya terganggu saat ada di putaran atas dan kecepatan penuh. Pada dasarnya saya suka dengan karakter sirkuit Estoril. Tapi, saya perlu berjuang keras menaklukan tikungan dengan kondisi motor seperti ini," lanjut Edwards.

"Sasis dan suspensi Yamaha adalah yang terbaik sepanjang sejarah. Saat ini, traksi adalah masalah yang utama untuk kenyamanan motor. Mungkin, setting motor saya akan berbeda dengan Jorge Lorenzo. Kami memiliki kekuatan rantai yang berbeda, tapi kami masih memiliki masalah yang sama," tutup Edwards.

No comments:

Post a Comment