Sunday, April 24, 2011

Yamaha dan Honda Inginkan MotoGP Kembali ke Indonesia

Ditengah semakin gencarnya usaha Dorna Sport membuat MotoGP semakin mendunia dengan lebih banyak menggelarnya di luar Eropa, wacana untuk menggelar pentas MotoGP di Indonesia belakangan ini semakin gencar dibicarakan. Kabar terakhir, Indonesia adalah negara yang paling diinginkan oleh pabrikan Yamaha dan Honda untuk kembali menjadi tuan rumah Grand Prix.
Sentul Circuit Yamaha dan Honda Inginkan MotoGP Kembali ke Indonesia
Yamaha dan Honda merupan dua produsen motor yang meraup keuntungan besar di Indonesia. Itu sebabnya, tag-line berbahasa Indonesia nemplok di motor dan seragam balap team pabikan masing-masing. Di samping itu, animo masyarakat negeri ini terhadap balap motor paling bergengsi di dunia itu sangatlah besar. Valentino Rossi bahkan berani mengatakan kalau antusiasme MotoGP Mania di Indonesia jauh lebih besar dibandingkan Malaysia yang notabene sudah 20 tahun menjadi tuan rumah GP secara rutin.
Bahkan dibandingkan dengan USA yang kini sedang ditarget oleh Dorna, Indonesia dianggap masih lebih layak diprioritaskan. Amerika memang punya potensi pasar yang besar dibidang otomotif, namun MotoGP tak pernah benar-benar populer di negeri paman sam tersebut.
Lalu mengapa MotoGP tak kunjung bisa dibawa ke Indonesia? Ternyata masalah justru datang dari ketidaksiapan sirkuit Sentul sendiri. Sirkuit yang pernah menjadi tuan rumah GP pada tahun 1996-1997 itu perlu perbaikan agar bisa memenuhi kriteria sebagai penyelenggara MotoGP. Sedangkan Yamaha, yang kabarnya ikut mendanai pembangunan sirkuit Laguna Seca, belum bisa membantu untuk saat ini.

No comments:

Post a Comment