Thursday, April 28, 2011

Tantangan Berat Raih Kemenangan Ke-Empat

Tiga musim bertanding di kelas puncak, Jorge Lorenzo selalu berhasil meraih pole position dan kemenangan di Estoril, Portugal. Di sirkuit ini pula X-Fuera berhasil meraih kemenangan pertamanya di kelas puncak MotoGP. Musim ini, Lorenzo mengejar kemenangan ke-empatnya. Akankah “The Astronout” bisa kembali ber-moonwalk di Estoril?
preview estoril 2011 Tantangan Berat Raih Kemenangan Ke Empat
Sirkuit Estoril sepertinya memang sangat bersahanbat dengan Lorenzo. Namun, untuk mewujudkan mimpinya kembali menguasai Grand Prix Portugal, Lorenzo perlu perjuangan yang lebih keras dari musim-musim sebelumnya.
Performa Yamaha YZR-M1 di awal musim 2011 tidak terlalu menjanjikan. Sejak sesi test pra-musim pertama di Sepang hingga seri ke-2 di sirkuit Jerez, Lorenzo tak pernah mampu mencetak waktu terbaik. Di Estoril, rider Spanyol itu masih akan menggunakan mesin yang sudah dipakainya pada dua race sebelumnya (Qatar-Jerez). Mesin baru rencananya baru akan diuji coba sehari setelah balapan usai.
Trio Repsol Honda: Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso pastinya akan menjadi pesaing terberat Lorenzo. Ketiga rider tersebut memang belum pernah menjadi juara Estoril di kelas puncak, namun mengingat performa Honda RC212V yang nyaris sempurna, ketiganya pasti akan merepotkan Lorenzo. Sedikit keraguan hanya ada untuk Pedrosa, mengingat dia masih dalam tahap penyembuhan pasca operasi.
Marco Simoncelli akan menjadi rider Honda lainnya yang patut diwaspadai. Tahun lalu, Super Sic berjuang habis-habisan hingga menjelang finish guna meraih podium pertamanya di primier class. Saat itu, si kribo memang masih harus rela ditaklukan oleh rekan senegaranya, Dovizioso. Namun tahun ini, juara dunia 250cc tahun 2008 itu sudah dipersenjatai sama dengan rider Repsol Honda, sudah pasti dia bisa tampil lebih maksimal. Bahkan mungkin bukan lagi hanya berjuang meraih podium, tetapi sudah masuk daftar pemburu kemenangan.
Sementara dari kubu Ducati, Valentino Rossi juga dipastikan akan mulai memberikan perlawanan yang lebih berarti. Pimpinan kru Ducati, Jeremy Burgess memperkirakan kondisi Rossi sudah 90% fit untuk berlaga di Estoril. Sealin itu, melalui serangkaian private test, termasuk yang kini masih berlangsung di sirkuit Mugello, Ducati terus berusaha untuk secepatnya memberikan pacuan sesuai keinginan sang dokter.
Belum lagi prakiraan cuaca menyebutkan kemungkinan sirkuit Estoril bakal diguyur hujan pada akhir pekan ini. Kita sudah melihat di Jerez, Ducati sangat kompetitif di track basah. Apalagi sirkuit Estoril masuk dalam daftar salah satu sirkuit yang disukai Rossi.
Akankah Lorenzo bisa menghadang lawan-lawannya untuk meraih kemenangan ke-4 di Portugal? Ataukah The Doctor yang akan mepersembahkan kemanangan pertamanya buat Ducati? Atau justru Stoner yang akan melanjutkan dominasinya? Jawabannya ada di hari Minggu besok.

1 comment: