Thursday, March 31, 2011

Casey Stoner vs Jorge Lorenzo

Kondisi fisik Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang belum sepenuhnya pulih sepertinya akan membuat seri ke-2 MotoGP 2011 yang akan berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol menjedi “pertempuran” antara Casey Stoner vs Jorge Lorenzo. Akankah Stoner semakin mengukuhkan dominasinya? Ataukah Lorenzo yang akan mengulang kejayaannya tahun lalu?
stoner vs lorenzo Casey Stoner vs Jorge Lorenzo
Sejak era MotoGP bergulir pada tahun 2002 lalu, race di sirkuit Jerez selalu dimenangkan oleh rider Italia dan Spanyol. Dari Italia ada Loris Capirossi (2006) dan Valentino Rossi (2002, 2003, 2005, 2007, 2009) sedangkan dari Spanyol terdiri dari Sete Gibernau (2004), Dani Pedrosa (2008) dan Jorge Lorenzo (2010).
Jika Stoner berhasil meraih kemenangan di seri ke-2 ini maka itu akan menjadi kemenangan pertamanya di Jerez. Sekaligus juga menjadi rider non Italia/Spanyol pertama yang menjuarai seri Jerez di era MotoGP. Dan tentu saja hal itu akan menjadi ancaman serius bagi lawan-lawannya. Jika dengan Honda RC212V, rider Australia itu mampu menaklukkan sirkuit yang sebelumnya belum pernah dikuasainya, tentu sirkuit-sirkuit lain dimana dia sudah pernah naik podium tertinggi akan lebih mudah untuk ditaklukkan.
Tugas berat pun kemudian hinggap ke pundak Jorge Lorenzo. Kemanangan di Jerez menjadi sesuatu yang teramat penting baginya. Bukan cuma karena ini adalah balapan di kampung halamannya dimana fans club-nya telah mem-booking area khusus untuk memberi dukungan padanya, tetapi juga karena kemenangan di Jerez bisa menjadi motivasi besar baginya untuk mempertahankan gelar juara dunia di musim 2011 ini.
Seandainya Lorenzo tak mampu menaklukkan Honda (Stoner) di kampung halamannya, maka pastinya di sirkuit-sirkuit lain akan jauh lebih sulit baginya membendung laju para rider Repsol Honda, terutama si Ausssie Boy. Sebaliknya, jika X-Fuera sukses menancapkan bendera Lorenzo’s Land di Jerez, rider Spanyol itu tentu akan mendapatkan “darah segar”. Sebuah motivasi luar biasa karena itu berarti Honda masih mungkin untuk ditaklukkannya.
Apakah Jerez hanya akan menjadi milik Stoner dan Lorenzo? Oh, tentu tidak. Andrea Dovizioso, Marco Simoncelli dan Ben Spies pastinya tak akan mau ketinggalan. Mungkinkah salah satu dari mereka menjadi juara baru di Jerez? Tentu saja mungkin, tak ada yang mustahil dalam sebuah balapan. Tetapi bicara peluang, ya tentu saja peluang besar ada pada Lorenzo dan Stoner.
Bagaimana dengan Rossi dan Pedrosa?
Keduanya punya catatan prestasi bagus di Jerez. Terutama The Doctor yang memang sudah sering menang di sini. Jika melihat siklus kemenangannya, seharusnya tahun ini si Italiano kembali naik podium puncak. Demikian pula halnya dengan The Little Spaniard. Dia pernah juara di sirkuit ini tahun 2008. Musim 2010 lalu pun Pedrosa nyaris juara lagi sebelum dikandaskan oleh Lorenzo di lap terakhir.
Permasalahannya, tak ada yang tau persis seburuk apa kondisi fisik kedua jagoan MotoGP tersebut. Jika salah satu dari mereka sukses menjuarai seri ke-2 MotoGP 2011 ini, tentu itu akan menjadi sebuah kejutan besar. Bukan cuma bagi para MotoGP Mania tetapi juga bagi team medis mereka masing-masing.

No comments:

Post a Comment