Saturday, January 1, 2011

2012, Michelin Kembali ke MotoGP?

PARIS - Setelah berhasil menggantikan Bridgestone sebagai supplier tunggal di ajang Formula One, Michelin terus berupaya melebarkan sayapnya. Kali ini, ajang MotoGP jadi buruannya.

Sebagaimana dilaporkan MCN, Sabtu (1/1/2011), pabrikan ban asal Prancis ini dikabarkan mulai menyusun strategi untuk kembali menjalin kerja sama dengan MotoGP. Menurut kabar yang berhembus, Michelin akan merealisasikan ambisinya pada musim 2012.

Keinginan Michelin untuk kembali menjadi pemasok ban tunggal kontestan MotoGP memang tak lepas dari kontrak MotoGP dengan Bridgestone yang akan berakhir pada akhir musim 2011 ini. Memasuki musim 2012, di mana setiap motor akan kembali ke era 1000cc, Michelin tengah serius membuat produk ban yang cocok dengan daya pacu motor yang lebih besar.

“Memang, ada ketertarikan dari pihak Michelin untuk kembali (ke MotoGP), tapi mereka hanya ingin melakukannya bila ada kompetisi. Akan tetapi, yang menjadi perhatian Michelin saat ini, dana yang harus dikeluarkannya pasti akan jauh lebih besar bila satu pabrikan harus melakukan yang lebih baik dari yang lainnya,” ujar seorang sumber Michelin kepada MCN.

Seperti diketahui, terakhir kali Michelin menjadi pemasok ban untuk tim MotoGP adalah pada 2008 silam. Namun, karena adanya kebijakan penggunaan ban tunggal yang ditujukan untuk mengurangi budget pengeluaran setiap tim, menyusul krisis global yang melanda dunia, Michelin harus mundur, karena pihak Dorna lebih memilih menggunakan Bridgestone sebagai supplier tunggal.

No comments:

Post a Comment