Saturday, December 18, 2010

Sirkuit MotorLand Aragon mencetak sebuah sejarah karena dalam debutnya sebagai penyelenggara balapan motor, sirkuit tersebut langsung menyabet gelar IRTA Best Grand Prix. Padahal, sirkuit yang terletak di Spanyol tersebut hanya berstatus pengganti.
Sirkuit MotorLand terpilih karena meskipun persiapannya sangat singkat, tetapi fasilitas yang dimiliki sudah layak menghelat balapan kelas dunia. Tak seperti pada umumnya, di mana kebanyakan sirkuit sudah tahu bakal masuk kalender setahun sebelumnya, Sirkuit MotorLand hanya memiliki waktu persiapan setengah tahun.

Ya, trek balapan ini, yang menjadi sirkuit cadangan pertama, dimasukkan ke dalam kalender pada 18 Maret, hanya enam bulan sebelum dia jadi tuan rumah pada 19 September.
Ketika mendapat lampu hijau, manajemen sirkuit dengan segera mempersiapkan diri untuk jadi tuan rumah MotoGP World Championship. Mereka juga sekaligus meyakinkan kepada semua tim, pebalap, dan penonton bakal tiba di trek yang dekat Alcaniz, dengan aman dan bisa menikmati pertandingan.
Trek yang berlokasi 200 kilometer barat daya Barcelona tersebut dibangun dengan sokongan dari pemerintah lokal. Arsitek Hermann Tilke mendapat kepercayaan untuk mendesain sirkuit ini. Selain itu, firma arsitek ternama di Inggris, Foster + Partners, ikut memberikan kontribusi pada desain area rekreasi dan budaya. Area ketiga adalah kawasan perlengkapan teknologi (TechnoPark).
Jorge Lorenzo sangat menyukai trek yang memiliki panjang 5,077 kilometer dengan kombinasi 17 tikungan ini. "Saya benar-benar suka trek ini. Sangat menyenangkan membalap di sini dan agak berbeda sehingga ada tantangan baru. Menarik mengendarai M1 di sini setelah datang dengan R1," ujar pebalap Spanyol yang menjadi juara dunia MotoGP 2010 tersebut.
Pebalap Ducati Nicky Hayden juga memberikan komentar senada. "Saya pikir mereka sudah membangun sebuah trek yang bisa dibanggakan. Sirkuit ini memiliki fasilitas yang bagus, layout-nya juga bagus dan aman. Di sana ada banyak bagian yang menyenangkan dengan pintu masuk gelap, beberapa tikungan cepat dan beberapa juga lambat... gabungan yang menyenangkan."
Pada balapan pertama di MotorLand ini, tim Ducati meraih kesuksesan karena dua pebalapnya naik podium. Casey Stoner menjadi pemenang dan Hayden di urutan tiga. Posisi dua ditempati pebalap Honda, Dani Pedrosa.
Presiden International Road Racing Teams Association (IRTA) Herve Poncharal mengakui, raihan sirkuit ini terbilang fantastis karena mereka hanya memiliki waktu yang singkat untuk mempersiapkan diri.
"Ini adalah tahun yang spesial untuk penghargaan ini. Kami sudah memberikan banyak penghargaan kepada trek-trek bagus, tetapi tak satu pun yang mendapatkannya pada tahun pertama. Selain itu, tak ada juga yang hanya memiliki waktu enam bulan untuk mengorganisasigrand prix pertama mereka. Apa yang mereka sudah lakukan ini impresif dan historis; mereka menjadi trek pertama yang langsung meraih penghargaan dalam debutnya."

Daftar peraih Trofi IRTA
1984: Silverstone/Inggris
1985: Hockenheim/Jerman
1986: Nurburgring/Jerman
1987: Assen/Belanda
1988: Suzuka/Jepang
1989: Donington Park/Inggris
1990: Jerez/Spanyol
1991: Donington Park/Inggris
1992: Catalunya/Spanyol
1993: Eastern Creek/Australia
1994: Eastern Creek/Australia
1995: Mugello/Italia
1996: Mugello/Italia
1997: Mugello/Italia
1998: Phillip Island/Australia
1999: Brno/Republik Ceko
2000: Mugello/Italia
2001: Catalunya/Spanyol
2002: Valencia/Spanyol
2003: Valencia/Spanyol
2004: Brno/Republik Ceko
2005: Valencia/Spanyol
2006: Catalunya/Spanyol
2007: Brno/Republik Ceko
2008: Losail/Qatar
2009: Jerez/Spanyol
2010: MotorLand Aragon/Spain

No comments:

Post a Comment