Wednesday, December 8, 2010

Lebih Tenang, Kunci Lorenzo Juara

GERNO DI LESMO – Jorge Lorenzo mencetak sejarah dengan menyabet gelar juara dunia MotoGP pertama. Lantas, apa yang membuat pembalap Fiat Yamaha itu menjadi sukses?

Penampilan Lorenzo musim 2009 memang tidak konsisten. Namun, performa berbeda diperlihatkan pembalap asal Spanyol di MotoGP 2010. Bagaimana tidak, Lorenzo mencetak sejarah dengan mencatat 383 poin.

Lorenzo berhasil mencatat sembilan kemenangan dan hanya dua kali tidak mampu naik podium dari 18 seri balapan lalu. Dia tidak mengulangi kesalahan yang sama saat gagal menjadi juara di tahun 2008 dan 2009.

Lantas, apa kunci kesuksesan Lorenzo menjadi juara dunia untuk pertama kalinya? Menurut manajer Wilco Zeelenberg, pembalap 23 tahun itu tampil lebih tenang saat mengikuti balapan MotoGP tahun ini.

“Kami mencoba mengurangi kesalahan. Kami menginformasikannya apa yang bisa terjadi dan yang seharusnya dipikirkan. Saya bilang prioritas kami adalah bisa naik podium saat balapan,” jelas Zeelenberg.

“Ini merupakan sebuah langkah besar jika anda tidak bisa menang dan mendapatkan podium. Dia adalah seorang pemenang dan dia berpikir harus memenangkan 18 balapan untuk menjadi juara dunia. Itu adalah mentalnya,” tegasnya.

“Namun, Lorenzo masih bisa memenangkan sembilan balapan di musim ini. Kini dia lebih tenang dan mulai belajar tidak membuat kesalahan. Jika tidak dapat memenangi lomba, Lorenzo masih bisa finis dan mengumpulkan banyak poin,” tandasnya.

“Jelas, ini merupakan sebuah kemajuan yang pesat dilakukan Lorenzo. Sebab, dia tidak perlu mengalahkan para pesaingnya di setiap pekan untuk menjadi juara dunia,” tuntas Zeelenberg di MCN, Rabu (8/12/2010).

No comments:

Post a Comment